KARAKTERISTIK
HUMAS
Ada 4 (empat) ciri utama humas yang disebut sebagai karakteristik humas,
diantaranya yaitu:
1. Adanya Upaya Komunikasi yang Bersifat Dua Arah
Hakekat humas adalah
komunkasi. Namun tidak semua komunikasi dikatakan humas. Komunikasi yang
menjadi ciri kehumasan adalah komunikasi dua arah yang memungkinkan terjadinya
arus informasi timbal balik.
2.
Sifatnya yang Terencana
Sifat humas yang terencana
mengandung pengertian bahwa kerja/aktivitas humas merupakan kerja/aktivitas
yang berkesinambungan, memiliki metode terintegrasi dengan bagian lain dan
hasilnya tangible (nyata). Syarat terencana dan berkesinambungan ini
merupakan salah satu syarat yang dinilai dalam kompetisi tertinggi program PR
internasional, yakni Golden World Award For Excellence in
PR (GWA).
3. Berorientasi pada Organisasi/Lembaga
Dengan mencermati orientasi
tersebut, maka syarat mutlak dalam kerja humas adalah pemahaman yang tinggi
terhadap visi, misi, dan budaya organisasi/lembaga. Visi, misi, dan budaya
organisasi/lembaga inilah yang menjadi materi utama humas, sehingga dapat
mencapai tujuan humas dan mendukung tujuan manajemen lainnya, termasuk tujuan
marketing.
4. Sasarannya adalah Publik
Yaitu suatu kelompok dalam
masyarakat yang memiliki karakteristik kepentingan yang sama. Jadi sasaran
humas bukanlah perorangan, hal ini perlu disampaikan sebab masih ada orang yang
mengistilahkan PR sebagai personal Relation.
Daftar Pustaka :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar