Senin, 01 Agustus 2016

NOTULEN RAPAT



NOTULEN RAPAT RUTIN TRIWULAN
DEPARTEMEN PEMASARAN

A.    PELAKSANAAN
Hari / Tanggal             : Rabu, 4 Mei 2016
Waktu                         : 09.00 – 11.00 WIB
Pimpinan rapat            : Ibu Farida Setyati, S.E. (Direktur Pemasaran)
Notulis                                    : Firda Arrahmawati

B.     PESERTA
Jumlah Peserta            : 6 Orang
Hadir                           : 1. Ibu Farida Setyati, S.E. (Direktur Pemasaran)
2. Bp. Drs. Budi Setyawan (Kepala Bag. Pemasaran)
3. Ibu Ariesta Putri, S.E. (Kepala Bag. Penjualan)
4. Umi Hidayati (Staf Penjualan)
5. Joko Purnomo (Staf Pemasaran)
6. Edy Haryanto (Staf Penjualan)

C.  AGENDA RAPAT
1. Hasil pelaksanaan sistem pemasaran online
2. Laporan peningkatan penjualan selama 2 bulan terakhir dengan sistem pemasaran online
3. Usulan pembentukan bagian khusus pemasaran online
4. Perubahan cara bekerja dalam hal penjualan jasa.

D.  RISALAH RAPAT
1.      Pembukaaan : Rapat di buka pada pukul 09.00 WIB oleh Ibu Farida Setyati, S.E.           (Direktur Pemasaran).
2.      Laporan kinerja dari Bp. Drs. Budi Setyawan Kepala Bag. Pemasaran, setelah diadakan review pelaksanaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan berdampak pada pengaruhnya dalam penjualan.
3.      Masukan, tanggapan dan saran tentang keefektifan system online pengaruhnya dalam penjualan, berdasarkan data yang dihimpun oleh bagian penjualan, dimana angka penjualan meningkat terutama selama 2 bulan terakhir setelah menggunakan sistem pemasaran online. Dengan peningkatan jumlah penjualan antara 15% - 25%.
4.      Pengusulan dibentuk bagian khusus untuk pemasaran, karena dalam pemasaran online staf yang bertugas tidak dapat melayani pemasaran yang lain. Dimana staf online harus terus memantau pemasaran dan melayani customer online secara langsung.
5.      Setelah usulan dibentuk bagian khusus pemasaran online,disetujui untuk pembentukan bagian khusus pemasaran produk lewat online. Sehingga tidak mengganggu kinerja staf pemasaran yang lain.




E. PEMBAHASAN TANYA JAWAB
1.      Pembahasan laporan kinerja dari Bp. Drs. Budi Setyawan Kepala Bag. Pemasaran, setelah diadakan review pelaksanaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan berdampak pada pengaruhnya dalam penjualan.
2.      Masukan,tanggapan dan saran tentang keefektifan system online pengaruhnya dalam penjualan, dari Ibu Ariesta Putri, S.E. Kepala Bag. Penjualan dan Umi Hidayati Staf Penjualan,berdasarkan data yang dihimpun oleh bagian penjualan, dimana angka penjualan meningkat terutama selama 2 bulan terakhir setelah menggunakan sistem pemasaran online. Dengan peningkatan jumlah penjualan antara 15% - 25%.
3.      Pengusulan dibentuk bagian khusus untuk pemasaran dari Joko Purnomo Staf Penjualan, karena dalam pemasaran online staf yang bertugas tidak dapat melayani pemasaran yang lain. Dimana staf online harus terus memantau pemasaran dan melayani customer online secara langsung.
4.      Disetujuinya untuk pembentukan bagian khusus pemasaran produk lewat online oleh Ibu Ariesta Putri, S.E. Kepala Bag. Penjualan. Sehingga tidak mengganggu kinerja staf pemasaran yang lain.

F. KESIMPULAN
1.  Hasil pelaksanan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan berdampak pada pengaruhnya dalam penjualan.
2. Hasil pelaksaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan terakhir menggunakan sitem pemasaran online mengalami peningkatan 15 % - 25%, yaitu:
1. Penjualan bulan Februari 2016 saat pertama kali sistem online digunakan, angka penjualan meningkat 15%
2. Pada bulan Maret 2016 meningkat 25%.
3. Pembentukan bagian khusus diperlukan karena dalam pemasaran online staf yang bertugas tidak dapat melayani pemasaran yang lain, dimana staf online harus terus memantau pemasaran dan melayani customer online secara langsung. Sehingga tidak mengganggu kinerja staf pemasaran yang lain.
4. Rapat akan dilanjutkan minggu depan dengan mengundang Direktur Personalia sesuai usulan permintaan penambahan pegawai untuk bagian pemasaran online.

G. PENUTUP
Rapat ditutup oleh pimpinan yaitu Ibu Farida Setyati, S.E.


Mengetahui
Pimpinan Rapat                                                  Notulis



Farida Setyati, S.E.                                     Firda Arrahmawati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar