NOTULEN RAPAT RUTIN TRIWULAN
DEPARTEMEN PEMASARAN
A.
PELAKSANAAN
Hari / Tanggal : Rabu, 4 Mei 2016
Waktu :
09.00 – 11.00 WIB
Pimpinan rapat : Ibu Farida Setyati, S.E. (Direktur Pemasaran)
Notulis :
Firda Arrahmawati
B.
PESERTA
Jumlah Peserta : 6 Orang
Hadir :
1. Ibu Farida Setyati, S.E. (Direktur Pemasaran)
2. Bp. Drs. Budi Setyawan (Kepala Bag.
Pemasaran)
3. Ibu Ariesta Putri, S.E. (Kepala Bag.
Penjualan)
4. Umi Hidayati (Staf Penjualan)
5. Joko Purnomo (Staf Pemasaran)
6. Edy Haryanto (Staf Penjualan)
C.
AGENDA RAPAT
1. Hasil pelaksanaan sistem pemasaran
online
2. Laporan
peningkatan penjualan selama 2 bulan terakhir dengan sistem pemasaran online
3. Usulan pembentukan bagian khusus
pemasaran online
4. Perubahan cara bekerja dalam hal
penjualan jasa.
D. RISALAH RAPAT
1.
Pembukaaan
: Rapat di buka pada pukul 09.00 WIB oleh Ibu Farida Setyati, S.E. (Direktur Pemasaran).
2.
Laporan
kinerja dari Bp. Drs. Budi Setyawan Kepala Bag. Pemasaran, setelah diadakan
review pelaksanaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan
menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan berdampak pada pengaruhnya
dalam penjualan.
3.
Masukan,
tanggapan dan saran tentang keefektifan system online pengaruhnya dalam
penjualan, berdasarkan data yang dihimpun oleh bagian penjualan, dimana angka
penjualan meningkat terutama selama 2 bulan terakhir setelah menggunakan sistem
pemasaran online. Dengan peningkatan jumlah penjualan antara 15% - 25%.
4.
Pengusulan
dibentuk bagian khusus untuk pemasaran, karena dalam pemasaran online staf yang
bertugas tidak dapat melayani pemasaran yang lain. Dimana staf online harus
terus memantau pemasaran dan melayani customer online secara langsung.
5.
Setelah
usulan dibentuk bagian khusus pemasaran online,disetujui untuk pembentukan bagian
khusus pemasaran produk lewat online. Sehingga tidak mengganggu kinerja staf
pemasaran yang lain.
E.
PEMBAHASAN TANYA JAWAB
1.
Pembahasan
laporan kinerja dari Bp. Drs. Budi Setyawan Kepala Bag. Pemasaran, setelah
diadakan review pelaksanaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2
bulan menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan berdampak pada
pengaruhnya dalam penjualan.
2.
Masukan,tanggapan
dan saran tentang keefektifan system online pengaruhnya dalam penjualan, dari
Ibu Ariesta Putri, S.E. Kepala Bag. Penjualan dan Umi Hidayati Staf
Penjualan,berdasarkan data yang dihimpun oleh bagian penjualan, dimana angka
penjualan meningkat terutama selama 2 bulan terakhir setelah menggunakan sistem
pemasaran online. Dengan peningkatan jumlah penjualan antara 15% - 25%.
3.
Pengusulan
dibentuk bagian khusus untuk pemasaran dari Joko Purnomo Staf Penjualan, karena
dalam pemasaran online staf yang bertugas tidak dapat melayani pemasaran yang
lain. Dimana staf online harus terus memantau pemasaran dan melayani customer
online secara langsung.
4.
Disetujuinya
untuk pembentukan bagian khusus pemasaran produk lewat online oleh Ibu Ariesta
Putri, S.E. Kepala Bag. Penjualan. Sehingga tidak mengganggu kinerja staf
pemasaran yang lain.
F.
KESIMPULAN
1. Hasil pelaksanan sistem pemasaran online yang
telah dicoba selama 2 bulan menjadi salah satu cara pemasaran baru yang akan
berdampak pada pengaruhnya dalam penjualan.
2. Hasil
pelaksaan sistem pemasaran online yang telah dicoba selama 2 bulan terakhir
menggunakan sitem pemasaran online mengalami peningkatan 15 % - 25%, yaitu:
1. Penjualan bulan Februari 2016 saat
pertama kali sistem online digunakan, angka penjualan meningkat 15%
2. Pada bulan Maret 2016 meningkat 25%.
3. Pembentukan
bagian khusus diperlukan karena dalam pemasaran online staf yang bertugas tidak
dapat melayani pemasaran yang lain, dimana staf online harus terus memantau
pemasaran dan melayani customer online secara langsung. Sehingga tidak
mengganggu kinerja staf pemasaran yang lain.
4. Rapat akan
dilanjutkan minggu depan dengan mengundang Direktur Personalia sesuai usulan
permintaan penambahan pegawai untuk bagian pemasaran online.
G.
PENUTUP
Rapat ditutup oleh pimpinan yaitu Ibu Farida
Setyati, S.E.
Mengetahui
Pimpinan Rapat Notulis
Farida Setyati,
S.E. Firda Arrahmawati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar