Senin, 01 Agustus 2016

PEMBIBITAN IKAN GUPPY



MAKALAHKEWIRAUSAHAAN
PEMBIBITAN IKAN GUPPY”







DISUSUN OLEH :

1.    FirdaArrahmawati                           (11)
2.    Kristina IkaMuliawati                    (14)
3.    Lestari                                              (15)
4.    Mutia Ning Tiara                            (16)
5.    NurindaRatna Sari                          (21)







TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
SMK NEGERI 6 SURAKARTA




BABI
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Sumberdayaalam di Indonesia cukupmelimpahdanluastermasukdalambidangkelautandanperikanan, namundalampemanfaatandanpengeloaan yang belum optimal mengakibatkanbanyakpenangkapandanpenjarahansecara liar.Potensiperairan di Negara Kita Indonesia jikadiambilsecaraterusmenerus, maka lama kelamaanakanhabis. Menanggulanihaltersebutsekarangsedangdiupayakanpembudidayaanperairan di Negara Kita, pemanfaatansumberdayaperairan yang optimal sangatdiperlukan. Ikan Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah dibudidayakan dan memiliki corak bermacam-macam.
BerikutpenelitianpembibitanIkanGuppy di “Kristiyono PerikanandanPeternakan” di Tohudan,dimana sebelum menjadi bermacam-macam jenis ikan,Pak Kristiyono hanya memiliki 2 ekor ikan Guppy.
1.2     Tujuan
Adapuntujuanpenulisanlaporanpenelitianiniadalah :
1)      Untukmengetahuicara-cara yang baikuntukmembudidayakanIkanGuppy
2)      Untukmengetahuicaramemperolehbibitunggul.
3)      UntukmengetahuiJenis-jenisIkan Guppy
4)      MelengkapitugasKewirausahaan.



















BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Definisi Ikan Guppy
Ikan Guppy adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias dunia. Ikan ini juga biasa dikenal dengan ikan gupi, ikan cere, ikan seribu atau ikan suwadakar. Ikan ini sangat mudah untuk menyesuaikan diri dan juga mudah untuk berkembang biak, sehingga di Indonesia sendiri ikan ini menjadi ikan liar, dimana mudah untuk mendapatkanya, parit,seloka dll.Gupi adalah ikan yang sangat mudah berkembang biak. Masa kehamilan ikan ini berkisar antara 21–30 hari (rata-rata 28 hari) bergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C (72 °F).
2.2     Habitat IkanGuppy
Ikan guppy atau Poecilia reticulata merupakan ikan yang mudah membiak. Habitat asli ikan guppy di danau-danau dan sungai berair tenang. Ikan ini bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.Ikan guppy berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan akuarium. Kemudian lepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan cepat. Ikan guppy bisa ditemukan di hampir seluruh perairan air tawar di Indonesia.Ikan guppy digemari sebagai ikan hias karena keindahan warna dan bentuk siripnya. Terutama ikan yang berkelamin jantan, karena hanya yang jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan ikan betina warnanya cenderung kusam. Sama seperti halnya ikan cupang.
2.3         PerkembangbiakanIkanGuppy
Ikan Guppy merupakan ikan yang sangatlah gampang berkembang biak. Periode kehamilan ikan ini sekitar pada 21–30 hari (rata-rata 28 hari) tergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling pas untuk berbiak yaitu seputar 27 °C (72 °F).Alih-alih bertelur, ikan gupi memiliki kandungan serta melahirkan anaknya (livebearers). Sesudah ikan betina dibuahi, daerah berwarna gelap di seputar anus yang di kenal juga sebagai ‘bercak kehamilan’ (gravid spot) bakal meluas serta jadi tambah gelap warnanya. Mendekati saat-saat kelahirannya, bintik-bintik yang ada pada mata anak-anak ikan bisa tampak dari kulit perut induknya yang tidak tebal serta menerawang. Seekor induk gupi bisa melahirkan burayak (anak ikan) pada 2–100 ekor pada tiap-tiap kelahiran, tetapi umumnya pada 5–30 ekor saja. Beberapa jam sesudah persalinan, induk gupi sudah siap untuk dibuahi lagi.Demikian keluar dari perut induknya, anak-anak ikan guppy ini sudah dapat hidup sendiri. Berenang, mencari makanan, serta hindari musuh-musuhnya. Anak-anak ikan gupi ini biasanya selalu berhimpun dengan kelompoknya, serta dengan ikan-ikan lain yg lebih besar. Tetapi gupi yang sudah dewasa akan tidak segan-segan memangsa burayak yang memiliki ukuran tambah lebih kecil ; hingga jika dipelihara di akuarium, anak-anak ikan ini sangatperlu untuk dipisahkan dari ikan-ikan dewasa. Burayak-burayak ini, jika selamat, bakal meraih kedewasaan pada usia satu atau dua bln. saja. Tersebut penyebab ikan ini dengan selekasnya bisa berlipatganda jumlah anggota kelompoknya, makanya ikan ini juga dinamai ikan seribu.


OBSERVASI dan WAWANCARA
PAK KRISTIYONO

1.      BagaimanaPersiapanuntukpembudidayaanikan Guppy ?
Jawab :
-    Mulai dari persiapan kolam
-          Pipa saluran Pembuangan
-          Air Bersih
2.      BagaimanacaraPemilihanbibitGuppy yang baik ?
Jawab :
-          GerakannyaCepatdanlincah
-          Pilih yang berwarna mencolok (untuk jantan)
3.      Cara membedakan indukan jantan dan betina?
Jawab :
-          Jantan memiliki warna mencolok,gerakan lincah
-          Betina memiliki warna biasa saja,perut besar
4.      LalupakanIkan yang baikuntukperkembanganGuppy itusendiri ?
Jawab :
-          Pur berukuran kecil
-          Cacing Sutra
5.      Apa saja jenis ikan Guppy yang dibudidayakan disini ?
Jawab :
-          Black Molly
-          Lemon
-          Guppy Merah
-          Guppy ekor biru
6.      Kira – kiramemberimakanIkanGuppy itubeberapa kali sehari ?
Jawab :
-          Sehari 1 x
7.      ApakahdalamperkembangbiakkanGuppy ituperluadanyapengurasanIkan Guppy? PerawatanIkanKolamitusendiri ?
Jawab :
-          Perlu ,karena bagaimanapun kolam ikan Guppy bisa ditumbuhi jamur yang tak terduga,sehingga perlu adanya pengurasan, pengurasan dapat dilahkukan dengan mengalirkan air bersih kekolam,sehingga air yang kotor akan mengalir kekolam berikutnya dan masuk ke dalam pipa penyaringan.
-          Cara perawatan itu sendiri salah satunya adalah dengan pengurasan, selain itu pemeriksaan kolam ikan menggunakan senter untuk mengetahui pertumbuhan jamur.


8.      Apakahadapemisahankolam ikan Guppy?
Jawab : Ya ada
-          Karena ikan Guppy itu kanibal,maka perlu adanya pemisahan antara kolam pembenihan Guppy dan kolam pembesaran.
9.      BagaimanacaraperkembangbiakkanGuppyJantandanBetina ?Apakahdengancarapenggabungankolamataumungkindengansuatumetodetertentu ?
Jawab :
-          Cara perkembangbiakkan adalah dengan mengambil indukan yang baik,kemudian dipisahkan dengan Guppy lainnya(bisa dipindahkan di baskom/aquarium atau sejenisnya)di tempat perkembangbiakkan ini terdiri dari 2 Guppy betina dan 1 Guppy jantan
10.  Kapan Pemanenanikan Guppy dilahkukan ?
Jawab :
-          Setiap hari ,karena ikan Guppy merupakan ikan yang proses perkembangbiakannya cepat
11.  JikaseluruhIkanGuppy telahdipanen, apatindakanselanjutnya?
Jawab :
-          Dijual,dan biasanya dibeli oleh anak-anak
-          Dibudidayakan sendiri jika kurang laku
12.  Kesulitanapasaja yang biasanyadialamisaatpembudidayaanIkanGuppy?
Jawab :
-          Yang dominan berpengaruhterhadap pembudidayaan adalah keberadaan katak yang sewaktu-waktu dapat memakan seluruh ikan Guppy
13.  KeuntungandaribudidayaIkan Guppy?
Jawab :
-          Perekonomian menjadi meningkat
-          Punya pengalaman
-          Mendapatkan ilmu baru
14.  Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap pembudidayaan ikan Guppy ini ?
Jawab :
-          Kurang tahu tentang pembudidayaan ini dan kebanyakan dari mereka tidak mengetahui cara perkembangbiakannya.








DOKUMENTASI
KOLAM
        
Kolam Pemijahan                                              Kolam Perkembangbiakan

PERALATAN PERKEMBANGBIAKAN IKAN GUPPY
       
                 Pipa Penyaringan                 Jaring Untuk Mengambil Ikan
PERBEDAAN IKAN GUPPY BETINA DAN JANTAN
1.      Ikan Guppy Betina
           

2.      Ikan Guppy Jantan
IKAN GUPPY
   BAPAK KRISTIYONO

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Budidaya ikan Guppy , baik dalam bentuk pembenihan maupun pembesaran mempunyai prospek yang cukup baik.
Saran
Diharapkan dalam melakukan pembudidayaan ikan Guppy juga harus memperhatikan faktor fisik kimia yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ikan Guppy pada kolam terkontrol agar menghasilkan produksi ikan Guppyyang lebih baik lagi dan maksimal.

BAB IV
PENUTUP
Demikian makalah yang kami buat,apabila ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf dan apabila ada lebihnya itu datangnya dari Allah SWT,semoga bermanfaat.


Sumber :
1.      Narasumber Bapak Kristiyono di Tohudan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar